Delapan Belas Nilai
Pendidikan Karakter di Sekolah
Nilai-nilai pendidikan
karakter perlu dijabarkan sehingga diperoleh deskripsinya. Deskripsi beguna
sebagai batasan atau tolok ukur ketercapain pelaksanaan nilai-nilai pendidikan
karakter di sekolah. adapun 18 nilai-nilai pendidikan karakter didiskripsikan
adalah sebagai berikut :
Tabel 1 Deskripsi Nilai Pendidikan Karakter
Nilai Deskripsi
1. Religius: Sikap dan
perilaku yang patuh dalam melaksanakanajaran agama yang dianutnya, toleran
terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama
lain.
2. Jujur: Perilaku yang
didasarkan pada upaya menjadikan dirinyasebagai orang yang selalu dapat
dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan.
3. Toleransi: Sikap dan
tindakan yang menghargai perbedaan agama,suku, etnis, pendapat, sikap, dan
tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya.
4. Disiplin: Tindakan yang menunjukkan perilaku
tertib dan patuhpada berbagai ketentuan dan peraturan.
5. Kerja Keras: Perilaku
yang menunjukkan upaya sungguh-sungguhdalam mengatasi berbagai hambatan belajar
dan tugas, serta menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.
6. Kreatif: Berpikir dan
melakukan sesuatu untuk menghasilkan caraatau hasil baru dari sesuatu yang
telah dimiliki.
7. Mandiri: Sikap dan perilaku yang tidak mudah
tergantung padaorang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas.
8. Demokratis: Cara berfikir, bersikap, dan bertindak yang
menilai samahak dan kewajiban dirinya dan orang lain.
9. Rasa Ingin Tahu: Sikap dan tindakan yang selalu
berupaya untukmengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang
dipelajarinya, dilihat, dan didengar.
10. Semangat Kebang-saan:
Cara berpikir, bertindak, dan berwawasan yangmenempatkan kepentingan bangsa dan
negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya.
11. Cinta Tanah Air: Cara
berfikir, bersikap, dan berbuat yang menunjukkankesetiaan, kepedulian, dan
penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya,
ekonomi, dan politik bangsa.
12. Menghargai Prestasi: Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya
untukmenghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan mengakui, serta
menghormati keberhasilan orang lain.
13. Bersahabat/Komuniktif:
Tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara,bergaul, dan bekerja sama
dengan orang lain.
14. Cinta Damai: Sikap, perkataan, dan tindakan yang menyebabkan
oranglain merasa senang dan aman atas kehadiran dirinya.
15. GemarMembaca:
Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagaibacaan yang memberikan
kebajikan bagi dirinya.
16. Peduli Lingkungan: Sikap dan tindakan yang selalu berupaya
mencegahkerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya, dan mengembangkan
upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi.
17. Peduli Sosial: Sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi
bantuanpada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan.
18. Tanggun jawab: Sikap dan perilaku seseorang untuk
melaksanakan tugasdan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri
sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan
Yang Maha Esa.
Ruang Lingkup
Pendidikan Karakter (Puskur, 2011: 4) Pendidikan karakter meliputi dua aspek
aspek yang dimiliki manusia, yaitu aspek ke dalam dan aspek keluar. Aspek ke
dalam atau aspek potensi meliputi aspek kognitif (olah pikir), afektif (olah
hati), dan psikomotor (olah raga). Aspek ke luar yaitu aspek manusia dalam
konteks sosiokultur dalam interaksinya dengan orang lain yang meliputi
interaksi dalam keluarga, sekolah, dan masyarakat. Masing-masing aspek memiliki
ruang yang berisi nilai-nilai pendidikan karakter. Penjelasan ruang lingkup
pendidikan karakter terdapat pada bagan di atas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar